Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terangi Desa Enem Papua



PLN terus berupaya untuk melistriki daerah-daerah yang belum menikmati listrik dengan memanfaatkan pembangkit listrik dari EBT. Salah satunya, seperti di Desa Enem, Kabupaten Mappi, Papua yang telah memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi.

Aksi koorporasi ini juga merupakan amanat dari Presiden Jokowi agar seluruh desa di Bumi Cendrawasih itu bisa terang benderang.

Setelah sukses melistriki 191 desa pada Tahun 2017 ditambah dengan 51 desa hingga saat ini, PLN berkomitmen akan terus melistriki desa-desa yang belum berlistrik,” tutur General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat J.A Ari Dartomo.

Memang tidak mudah membangun infrastruktur listrik di Papua, membutuhkan biaya 10 kali lebih besar dibanding di Pulau Jawa. Meskipun tidak mudah dalam melistriki di daerah Timur Indonesia, namun pembangunan infrastruktur kelistrikan di seluruh pelosok harus terealisasi. PLN pun berkomitmen untuk membangun pembangkit yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya lokal seperti tenaga surya atau tenaga air.

Adanya infrastruktur kelistrikan yang tersedia untuk masyarakat Desa Enem ini menjadi bagian penting dalam membangun Papua dan sebagai tanda bahwa listrik sudah dapat dinikmati oleh masyarakat desa-desa di Papua.

Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengungkapkan, lebih dari Rp 200 miliar dana yang dikeluarkan PLN dalam melistriki desa terhitung dari awal tahun. Hal tersebut merupakan salah satu bukti kesungguhan PLN dalam menerangi Bumi Cenderawasih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN dan Bapak Presiden Joko Widodo. Semoga program PLTS di desa sejuta rawa ini (Desa Enem) bisa menjadi proyek percontohan di daerah lain,” tutup Yohanes.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6