Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » BUMN Tetap Kokoh Di Tengah Pelemahan Rupiah

BUMN Tetap Kokoh Di Tengah Pelemahan Rupiah


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan, kinerja perbankan tetap positif di tengah pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Meski demikian, perusahaan yang memiliki impor konten tinggi menjadi perhatian khusus perbankan.

Di tengah pelemahan rupiah, diketahui bank tetap memberikan perhatian pada nasabah yang melakukan impor pada jumlah besar. Pasalnya, pembayaran impor menggunakan dolar AS yang harganya semakin mahal dan berisiko membuat bengkak beban usaha perusahaan. Selain aktivitas impor juga mengerek kebutuhan valas perbankan.

Guna mengantisipasi hal itu, pemerintah pun mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk menekan impor, seperti kenaikan Pajak Penghasilan (PPh) 22 impor, dan perluasan program mandatari pencampuran biodiesel sebanyak 20 persen pada minyak solar (B20).

Rini juga telah menginstruksikan kepada perusahaan pelat merah yang membutuhkan pendanaan investasi maupun operasional untuk menarik dana dari luar negeri, sehingga tidak perlu membeli dolar AS dalam jumlah besar dari bank-bank Himpunan Bank Negara (Himbara).

Selain perbankan BUMN, Menteri Rini mengatakan, BUMN lain juga memiliki daya tahan yang cukup kuat ketika Rupiah melemah. Bagi BUMN yang memiliki pinjaman dalam bentuk Dolar akan terus diarahkan agar menggunakan pinjaman untuk meningkatkan pendapatan.

"BUMN-BUMN saya rasa kita tetep kuat, tangguh. Makanya tadi kita katakan jangan lupa potensi ekspor kita besar ke depan. Dan yang utama selalu dalam kita pinjaman apakah itu lokal, apakah itu luar negeri, adalah jangka waktunya masing masing dan kita lihat kemampuan dari perusahaan itu bagaimana," jelasnya.

"Dan kalau kita punya pinjaman, pemanfaatan pinjaman itu betul-betul produktif. Bahwa pinjaman ini oh memang untuk investasi ini sehingga meningkatkan revenue, meningkatkan profitability jadi enggak masalah," tandasnya
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6