Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » Pemerintah Daerah Permudah Investasi Berorientasi Ekspor

Pemerintah Daerah Permudah Investasi Berorientasi Ekspor


Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada kepala daerah agar mempermudah perizinan kepada investor yang akan masuk terutama yang berorientasi ekspor. Dengan adanya investasi dan ekspor yang masuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional terutama untuk memperbaiki neraca perdagangan Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor Indonesia sepanjang semester I 2018 tercatat US$88,02 miliar atau naik 10,03 persen dari tahun sebelumnya US$80 miliar.

Hanya saja, Indonesia mengalami tekanan dari sisi impor, di mana nilai impor dalam enam bulan pertama 2018 tercatat US$89,04 miliar atau naik 23,1 persen dari tahun sebelumnya US$72,33 miliar.

Hasilnya, Indonesia harus mengalami defisit neraca perdagangan US$1,02 miliar pada periode tersebut.
"(Neraca dagang) adalah masalah besar yang perlu dicarikan jalan keluarnya. Masalahnya adalah investasi, makanya saya titip gubernur, bupati, dan wali kota mengenai investasi orientasi ekspor dan substitusi impor, sudah lah jangan ada pembicaraan lagi. Jangan tutup mata, suruh mereka bangun," jelas Jokowi

Jokowi menyebut perizinan investasi di Uni Emirat Arab (UEA) sebagai contoh yang patut ditiru Indonesia. Jokowi menuturkan pengalamannya saat mengurus izin di sana. Hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk mengantongi berbagai izin.

"Dengan izin itu saya bisa membangun pabrik, saya bisa membangun showroom, saya bisa membangun kantor, saya bisa membangun gudang. Enggak ada satu jam. Itu sudah 17-18 tahun yang lalu. Di sini pun, saya inginnya seperti itu. Sehingga saya selalu tegur menteri, tegur dirjen karena saya memiliki pengalaman-pengalaman yang baik," ujar Jokowi.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6