Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » Jokowi Minta Peremajaan Pohon Sawit

Jokowi Minta Peremajaan Pohon Sawit
Presiden Joko Widodo meresmikan program peremajaan sawit rakyat di Provinsi Riau. Peresmian berlangsung di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Peremajaan ini menyusul langkah serupa yang telah dilakukan di provinsi sebelumnya seperti Sumatera Utara.

"Saya lihat ini pohon-pohon di sini sudah berapa tahun, 30 tahun. Mestinya memang ini sudah harus kita remajakan sejak dulu. Kita ini terlambat meremajakan," ujar Jokowi.

Di Kabupaten Rokan Hilir, peremajaan yang diresmikan Jokowi itu mencakup lahan seluas 15.000 hektar dan melibatkan 5.000 petani swadaya.

Secara nasional, Jokowi menargetkan 185.000 hektar perkebunan sawit milik rakyat di seluruh Indonesia akan bisa diremajakan. Adapun khusus di Provinsi Riau, dipatok target peremajaan 25.000 hektar perkebunan kelapa sawit.

Jokowi menjelaskan langkah Peremajaan Sawit Rakyat ditempuh pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan petani sawit. Produktivitas perkebunan sawit rakyat sangat rendah, diperkirakan hanya setengah dari produktivitas perkebunan sawit swasta. Kendala utamanya adalah tanaman perkebunan rakyat yang usianya sudah tua. Makanya perlu peran pemerintah untuk meremajakan tanaman tersebut.

Presiden menjelaskan nantinya Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit akan memberi dana Rp 25 juta, untuk setiap hektare lahan perkebunan rakyat. Uang tersebut dapat digunakan petani untuk jadi modal awal penebangan kelapa sawit tua, penyiapan bibit, hingga penanaman. "Saya harap program ini segera dimulai dan diselesaikan." ujar Jokowi.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6