Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » » » » Simak Pernyataan PUPR Terkait Proyek Tol Padang - Pekanbaru

Simak Pernyataan PUPR Terkait Proyek Tol Padang - Pekanbaru

Wakil Ketua DPR, RI Fadli Zon mengkritik jalan tol Padang-Pekanbaru. Ia mengatakan bahwa proyek itu mengalami kemangkrakan. Padahal menurutnya lahan itu sudah di groundbreaking sejak 10 bulan lalu. Namun hasilnya sampai sekarang cuma sepanjang 200-300 meter.

"Meninjau pmbgn tol "mangkrak" Padang-Pekanbaru 244 km. Stlh 10 bln baru 200-300m sj. Pdhal groundbreaking olh Presiden," katanya dikutip dari akun Twitter resminya yang ditulis pada 29 September 2018 lalu.

Menjawab kritik itu, PUPR melalui Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menyebut, saat ini pengerjaan memang terhambat masalah pengadaan lahan. Herry menjelaskan, grounbreaking pada bulan Februari lalu diharapkan bisa mengatasi permasalahan pengadaan lahan.

"Ini kan di-groundbreaking dengan asumsi tanahnya sudah berjalan. Saat 4 km pertama asumsinya nggak ada masalah. Namun dalam perjalanan ternyata harganya nggak sepakat," kata Herry melansir Detikcom.

Proses pengadaan lahan yang terkendala otomatis membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakan proyek itu. Sebab proses pengadaan lahan ini memakan waktu di pengadilan.

"Sebelumnya ada upaya pemda untuk memfasilitasi, ternyata kan nggak bisa. Nah ini mau dikonsinyasi. Ada waktu yang dibutuhkan untuk konsinyasi. Nanti pengadilan yang putuskan. Kalau harga sudah wajar dan nggak bisa ditawar lagi, ya dieksekusi. Tapi ini butuh waktu," jelas Herry.

"Kalau dilihat ujungnya memang nggak ada aktivitas, tapi yang pasti tanahnya sedang dalam proses. kalau sudah ada ketetapan, ya tinggal dieksekusi. Dari Hutama Karya nya sendiri sudah siap. Wong kemarin kan sudah mobilisasi alat," tambahnya.

Untuk dari segi pendanaan, proyek ini tak ada kendala. Proyek jalan tol Pekanbaru-Padang ini menghabiskan dana sekitar Rp 18, 15 triliun.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6