Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » » Rest Area Jadi Motor Penggerak Ekonomi bagi Masyarakat Sekitar Jalan Tol

Rest Area Jadi Motor Penggerak Ekonomi bagi Masyarakat Sekitar Jalan Tol
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi Ruas Sragen-Ngawi sepanjang 51 km di Rest Area Km 538, Sragen, pada Rabu, 28 November 2018.

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengunjungi kios-kios retail para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Rest Area Km 538. Dia pun mengapresiasi rest area Km 538 yang dipenuhi dengan produk-produk lokal.

Memang, Jalan Tol Solo-Ngawi dilengkapi enam Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yang dikelola anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang bergerak di bidang properti, yakni PT Jasamarga Properti (JMP).

Direktur Utama PT JMP, Irwan Artigyo Sumadiyo berharap, pembangunan rest area di Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol serta menggerakan perekonomian masyarakat sekitar jalan tol.

"Selain sebagai tempat istirahat bagi pengguna jalan tol, diharapkan dengan adanya rest area ini bisa menopang perekonomian masyarakat sekitar. Hal itu membuktikan komitmen Jasa Marga dan kelompok usahanya untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar jalan tol dengan memaksimalkan rest area sebagai tempat untuk mengembangkan UMKM," jelas dia dalam keterangannya, Kamis (29/11/2018).

Adapun enam rest area yang berada di ruas Jalan Tol Solo-Ngawi yakni Rest Area Km 519 A, Rest Area Km 519 B, Rest Area Km 538 A, Rest Area Km 538 B, Rest Area Km 575 A, dan Rest Area Km 575 B.

Dari enam rest area tersebut, baru tiga TIP yakni Rest Area Km 591 A, Rest Area Km 538 A dan Rest Area Km 538 B yang sudah beroperasi. Sementara siasanya sedang memasuki tahap konstruksi.

Hingga saat ini, JMP telah berhasil menempatkan mayoritas pelaku UMKM dan produk-produk lokal di tiga rest area beroperasi di Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi (km 519 A, km 538 A, dan km 538 B).

Hal ini dinilai menunjukan jika JMP berhasil memenuhi ekspektasi pemerintah untuk menempatkan setidaknya 30 persen pelaku UMKM di masing-masing rest area baru.

Sejauh ini, perusahaan mengelola 18 rest area di sepanjang koridor Trans Jawa, baik yang sudah beroperasi dan masih memasuki tahap konstruksi.

Ke depannya, JMP akan tetap mewadahi pelaku UMKM dan produk lokal untuk melangsungkan bisnis di rest area lainnya, termasuk rest area yang akan segera beroperasi di Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6