Cat-1

Cat-2

Cat-3

Cat-4

» » Jokowi Bangun Bandara di Yogyakarta & Semarang Dengan Fasilitas Kelas Dunia

Jokowi Bangun Bandara di Yogyakarta & Semarang Dengan Fasilitas Kelas Dunia
Presiden Jokowi telah membangun banyak infrastruktur, salah satunya membangun bandara baru. Bandara yang dibangun era Presiden Jokowi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas kelas dunia. Salah satunya Bandara New Yogyakarta International Airport atau Bandara Kulonprogo dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau Bandara Kulonprogo secara struktur bisa bertahan terhadap bencana tsunami berskala besar dari pantai selatan Yogyakarta. Bahkan tsunami setinggi 12 meter.

Bandara NYIA nantinya akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Kapasitas penumpangnya 14 juta orang pertahun, 8 kali lipat lebih banyak dibanding kapasitas Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang sebesar 1,7 juta penumpang pertahun. Bandara NYIA akan beroperasi pada April 2019 mendatang.

Selain itu bandara NYIA juga tahan gempa besar. Konstruksi bandara kuat menahan gempa hingga magnitudo 8,8.

Gedung Bandara juga dibangun gedung crisis center yang berfungsi sebagai tempat evakuasi sementara (TES) bagi orang dalam bandara maupun warga sekitar bandara. Konstruksinya berupa gedung yang ditopang pilar-pilar tinggi dan dilengkapi ram pada akses masuknya.

Tak hanya bandara di Yogya, era Presiden Jokowi juga membangun Bandara Ahmad Yani. Bandara ini dibangun dengan mengadopsi konsep eco-airport dengan sebagian besar bangunan berdiri di atas air.

Terminal baru Bandara Ahmad Yani dibangun di atas lahan lunak dan sebagian besar berair dengan menggunakan tiang pancang dan metode prefabricated vertical drain (PVD) untuk memadatkan lahan lunak tersebut. PVD sendiri merupakan sistem drainase buatan yang dipasang di dalam lapisan tanah lunak.

Ini menjadi terminal terapung pertama di Indonesia. Area bandara ditanami 24 ribu bibit mangrove seluas 4.478 meter persegi untuk mendukung kelestarian lingkungan. Terminal ini resmi beroperasi pada 7 Juni 2018.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Jokowi - FAQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

No comments

Leave a Reply

SDM

video

Dukungan

Cat-5

Cat-6